Fakta Unik Dibalik Suzuki Ignis yang Perlu Diperhatikan

Fakta Unik Dibalik Suzuki Ignis yang Perlu Diperhatikan

Ignis merupakan salah satu produk terbaru dari Suzuki yang diklaim menjadi urban sport utility vechivle (SUV) meskipun statusnya di pasar Indonesia masih terkenal sebagai mobil kota atau yang lebih dikenal sebagai city car. Nah berikut ada beberapa fakta unik dibalik Suzuki Ignis yang perlu Anda perhatikan.

Tidak Biasa

Tidak perlu diragukan lagi, desain mewah dari Ignis menjadi daya jual tersendiri yang ditawarkan oleh Suzuki Ignis. Mobil yang satu ini mengusung konsep SUV yang mampu memberikan diferensiasi yang cukup besar di antara para kompetitornya.

Tak hanya memiliki ground clearance dengan panjang 180 mm, mobil yang saru ini juga dilengkapi dengan tiga garutan dengan sentuhan klasik yang berada pada bagian belakang. Desain ini juga pernah digunakan pada Suzuki Forte era 1970-an. Selain itu, karakter SUV dari Ignis juga semakin terlihat kotak pada bagian buritan yang membuatnya berbeda dari city car.

Tanggung

Bicara mengenai fItur, Ignis juga sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi modern. Tak hanya untuk bagian eksterior dan interiornya saja, mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan keselamatan yang cukup lengkap untuk mobil sekelasnya seperti 2 kantung udara pada bagian depan, ABS (anti lock braking systm), EDB (electonic brakeforce distribution), dan brake assist.

Meskipun begitu, sayangnya pihak Suzuki setengah hati dalam memberikan perangkat hiburan pada Ignis dengan memberikan head unit layar sentuh sebagai fungsi operasional yang harus dibeli secara terpisah. Padahal di India sendiri semua produk Ignis sudah dilengkapi dengan LCD touch screen.

Bagi para konsumen Indonesia yang ingin melengkapi tunggangannya dengan perangkat hiburan LCD layar sentuh harus mengeluarkan budget lebih, yaitu sebesar Rp7.249.00 untuk tipe GX dan Rp7.484.000 untuk tipe GL. Tak hanya itu saja, Ignis juga sudah dilengkapi dengan fitur penghangat ruangan yang kurang cocok digunakan untuk cuaca tropis di Indonesia.

Setengah Matik

Sama halnya dengan Wagon R, Ignis juga mengusung model Autometic Manual Transmission (ATM) atau yang lebih dikenal dengan Auto Gear Shift (AGS). Meski sudah memiliki perubahan yang cukup bagus, namun perlu untuk dicatat bahwa transmisi Ignis sepenuhnya bukan merupakan otomatis melainkan setengah otomatis.

Dari segi pengoperasiannya, Ignis memang hampir sama dengan mobil matic pada umumnya dengan memberikan kebebasan pada kaki kiri dari pedal kopling. Namun bagi sebagian orang yang sudah menggunakan transmisi CVT juga harus membiasakan diri ketika mengemudi menggunakan mobil AGS, karena sistem kerjanya sedikit berbeda.

Transisi yang digunakan pada Ignis menggunakan gearbox dengan kopling kering yang layaknya digunakan pada mobil manual pada umumnya. Namun sistem kerja pada kopling Ignis sendiri tidak lagi menginjak pedal, melainkan dikendalikan oleh TCM (Transmission Control Module).

Menggiurkan

Dari fitur yang ditawarkan dan statusnya masuk ke dalam mobil CBU India Ignis ini dijual mulai dengan harga Rp159,9 juta untuk tipe GL MT, Rp159,5 juta untuk tipe GM MT, dan Rp169,5 untuk tipe tertingginya yaitu GX AGS.

Jika dibandingkan degan berbagai kompetitornya, Ignis merupakan varian yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, bukan berarti Ignis termasuk ke dalam mobil kota yang termurah. Harga ini tentunya sudah sangat terjangkau mengingat banyaknya keunggulan yang diberikan oleh Suzuki pada produk Ignis terbarunya.

Nah, itulah beberapa fakta unik Suzuki Ignis yang perlu diperhatikan. Bagaimana apakah Anda juga tertarik untuk menggunakan mobil keluaran Ignis yang satu ini? Selain harganya yang terbilang cukup terjangkau, Anda juga bisa mendapatkan berbagai hal yang tidak bisa didapatkan di mobil lain. Yuk cek sekarang juga hanya di blibli.com.